Hari Baik Munggah Molo

Gedhang setandan pisang yang banyak dimaksudkan agar terbinalah. Sehingga dalam pembangunan Pasar Legi tradisi ini digelar.


Hari Baik Menaikkan Atap Rumah Cek Bahan Bangunan

Tradisi ini dilakukan tepat pada saat menaikkan kerangka atap rumah atau yang disebut.

Hari baik munggah molo. Dari hasil penelitian tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa. Tahap menaikkan molo sebuah rumah tinggal biasanya didahului dengan acara selamatan bahkan malam sebelumnya diadakan. Gedhang setandan pisang yang banyak.

Munggah Molo merupakan upacara adat yang namanya diambil dari dua kata dalam Bahasa Jawa yakni Munggah yang berarti menaikan dan Molo yang berarti kerangka atap. Begitulah acara munggah molo jadi dilaksanakan pada hari Kamis pas hari pasaran Pahing 24 Juni 2004 bertepatan dengan tanggal 6 Jumadil Awal 1425H. Dengan memilih hari yang dianggap baik sesuai dengan penanggalan Jawa.

Rabu 05 Agustus 2020 Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menggelar prosesi dan tradisi munggah molo atau menaikkan kuda-kuda pada bangunan pasar legi Jalan Soekarno – Hatta Ponorogo. Saya pribadi melihat langsung dan mengikuti prosesi adat Munggah Molo ini rincian acara adat ini dilaksanakan ketika pagi hari dengan berbagai syarat yang tersaji atau dalam adat jawa disebut sesajen sesaji yang semuanya memiliki filosofi tersendiri di antara sesaji tersebut. Yo asale munggah molo kui warisane nenek moyange mbah mbah sesepuh mbiyekmboh kui budho opo islam sing jelas nenek moyang.

Munggah Molo masih dijaga warga Ponorogo sebagai salah satu tradisi leluhur Jawa. Menurut perhitungan masyarakat disana prosesi munggah molo dilaksanakan pada jam 11 siang. Munggah molo dilaksanakan pada hari Rabu karena menurut masyarakat jawa hari rabu merupakah hari yang apik bagus untuk melakukan segala sesuatu.

Walaupun dalam tiap-tiap hari terdapat kebaikan bagi manusia. Baik Budha maupun Islam yang jelas nenek moyang. Hendaknya manusia tetap berhati-hati dalam setiap langkah.

Mimpi warga Kabupaten Ponorogo Jawa Timur memiliki pasar tradisional terlengkap dan termegah sebentar lagi terwujud. Pertama prosesi tradisi munggah kap di Desa Sari dimulai dengan menentukan hari baik kemudian selametan dan bancaan setelah itu mempersiapkan sesajen atau ubo rampe yang digunakan dalam tradisi tersebut barulah menaikkan molo. Sebelum Molo diangkat ke atas Bupati Ipong dan istrinya Sri Wahyuni melakukan prosesi penyiraman air kembang dan pembenaman paku emas di.

Tradisi bangun rumah atau yang biasa disebut dengan munggah molo adalah tradisi yang dilakukan pada saat pemasangan atap rumah. Hari Rabu Pon dalam penanggalan jawa dipilih lantaran dinilai sebagai hari baik untuk melakukan prosesi Munggah Molo ini. Seperti namanya Upacara Adat Munggah Molo ini dilakukan ketika proses pembangunan sebuah rumah akan memasuki tahap pemasangan kerangka atap.

Apalagi dalam menjunjungMunggah nilai-nilai yang sangat luhur Molo. Pembangunan Pasar Legi bagian dalam bisa berjalan lebih cepat dan dengan naiknya molo ini berarti struktur sudah selesai 100 persen Tinggal penyempurnaan interior eksterior dan mechanical engineering. Sebelum Molo diangkat ke atas Bupati Ipong dan.

Tradisi upacara adat Munggah Molo digelar dengan memasang sesaji sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan. Dipilihnya 5 Agustus karena hari ini wukunya tolu artinya wahyu dadi jam 6. Rangkaian acaranya adalah selamatan dan doa bersama pada hari Rabu malam dengan mengundang para tonggo teparo tetangga sekitar rumah termasuk para tukang serta mengundang seorang ustadz.

Kesemuanya ini disebut dengan bangun tulak bangunan penolak. Ya asal muasal munggah molo itu tak jelas pokoknya itu warisan dari nenek moyang dan para sesepuh dahulu. Seperti melakukan pernikahan tentu ada hari dan bulan yang baik untuk melakukan pernikahan begitu juga dengan membangun rumah.

Tradisi ini munggah molo ini sebagai rasa syukur kepada Tuhan. Bentuk pelaksanaannya bervariasi umumnya berkumpul bersama keluarga dan kerabat makan bersama saling bermaafan dan berdoa bersamaSelain itu ada pula yang mengunjungi tempat wisata. Prosesi ini sekaligus menandai pekerjaan struktur yang segera selesai 100 persen.

Hari Rabu Pon dalam penanggalan jawa dipilih lantaran dinilai sebagai hari baik untuk melakukan Munggah Molo. DetikNews Rabu 05 Agu 2020 1332 WIB Tradisi Munggah Molo Tandai Naiknya Atap Pasar Legi Ponorogo. Munggah Molo ini umum dilakukan masyarakat Jawa sebagai bentuk rasa syukur dan harapan agar pembangunan dapat berjalan lancar dan diberkahi Tuhan Yang Maha Esa kata Bupati Ipong Muchlissoni Rabu 582020.

Wawancara dengan Wahmudi warga Pekalongan 6 Oktober 2010. Dinaikkannya molo atau sering disebut munggah kap serta adanya makna filosofis sajen atau ubo rampe yang digunakan dalam tradisi tersebut maka peneliti ingin meneliti tentang Makna Filosofis Tradisi Munggah Kap Dalam Pembangunan Rumah Pada Masyarakat Muslim. Munggahan adalah tradisi masyarakat Islam suku Sunda untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang dilakukan pada akhir bulan Syaban satu atau dua hari menjelang bulan Ramadhan.

Tradisi munggah molo yakni menaikkan atau memasang bagian rumah yang paling tinggi sebagai simbolisasi puncak jagad raya. Dalam memasang molo orang Jawa selalu memperhitungkan waktu yang tepat. Prosesi ini sekaligus menandai pekerjaan struktur yang akan segera selesai 100 persen.

Dengan adanya Munggah Molo menandakan bahwa atap dalam waktu dekat akan naik. Munggah Molo sendiri memiliki makna filosofi yang luas. Ketika memilih hari baik misalnya mengandung pesan yang penuh makna.

Di antara tiang tersebut ialah empat tiang utama dan empat tiang utama pembantu serta tiang teratas tempat molo ditempatkan. Berita dan Informasi Munggah molo Terkini dan Terbaru Hari ini – detikcom. Prosesi adat Munggah Molo ini biasanya dilaksanakan ketika pagi hari yang didahului dengan mencari hari baik jauh-jauh hari yang kemudian dilengkapi dengan berbagai syarat yang tersaji atau dalam adat jawa disebut sesajen sesaji yang semuanya memiliki filosofi tersendiri di antara sesaji tersebut.

Hari Rabu Pon dalam penanggalan jawa dipilih lantaran dinilai sebagai hari baik untuk melakukan Munggah Molo.


Hari Baik Menaikkan Atap Rumah Cek Bahan Bangunan


Hari Baik Menaikkan Atap Rumah Cek Bahan Bangunan


Hari Baik Menaikkan Atap Rumah Cek Bahan Bangunan


Hari Baik Menaikkan Atap Rumah Cek Bahan Bangunan


Munggah Molo Prosesi Adat Jawa Dalam Pembangunan Pasar Legi Ponorogo Beritajatim Com


Hari Baik Menaikkan Atap Rumah Cek Bahan Bangunan


Hari Baik Menaikkan Atap Rumah Cek Bahan Bangunan


Sesaji Dan Syarat Munggah Molo Kuda Kuda Rumah Netizen Word


Hari Baik Menaikkan Atap Rumah Cek Bahan Bangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *