Bahan Pembuatan Rumah Tongkonan

Untuk alat-alat yang bisa disiapkan seperti gunting cutter penggaris kuas atau lem. Dan kabarnya rumah ini Tongkonan ini memiliki nilai yang sangat mahal untuk sebuah rumah adat karena mencapai lebih dari setengah milyar rupiah.


Miniatur Rumah Adat Limas Sumatera Selatan Kreasi Plakat Miniatur Rumah Miniatur Rumah

Warna Merah warna merah pada bangunan rumah Tongkonan sebagai simbol darah yang melambangkan kehidupan manusia.

Bahan pembuatan rumah tongkonan. Umumnya rumah Tongkonan memiliki empat warna dasar yang masing-masing memiliki maknna sebagai berikut. Miniatur Rumah Adat Tongkonan Sulawesi Selatan Rumah adat tongkonan rumah adat orang toraja yang merupakan tempat tinggal kekuasaan adat. Ada beberapa bahan yang bisa dipakai untuk membuat miniatur rumah yakni styrofoam stik es krim kardus korek api atau triplek.

Salah satu fungsinya yaitu. Meskipun hanya terbuat dari bahan dasar kayu namun jangan salah mengenai harga rumah adat Tongkonan ini karena memang rumah adat yang satu ini dinilai dengan harga yang begitu fantastis sampai dengan milyaran rupiah. Untuk proses pembuatan rumah adat Tongkonan ini sangatlah rumit dan harus menggunakan bahan-bahan yang memiliki kualitas terbaik dan bermutu tinggi.

Tongkonan merupakan rumah panggung yang berbentuk persegi panjang. Pada Tongkonan terbuat dari bambu-bambu pilihan yang disusun tumpang tindih yang dikait oleh beberapa reng bambu dan diikat oleh tali bamboorotan. Warna Kuning warna kuning memiliki arti anugrah dan kekuasaan dari Tuhan.

Misalnya saja rumah Gadang di Padang rumah Tongkonan di Toraja rumah adat suku Dayak di Kalimantan dan masih banyak lagi. Hias yang ada pada tongkonan rumah adat di daerah Toraja. Dalam hal ini DPRD provinsi sulawesi selatan mempercayakan kami untuk membuatkan souvenir miniatur berupa rumah adat tongkonan.

Fungsi dari susunan demikian adalah untuk mencegah masuknya air hujan melalui celah-celahnya. Kayu Uru yang menjadi pilihan utama pembuatan rumah adat suku Toraja karena kualitasnya sebagai bahan pembuat rumah. Atap rumah tongkonan sendiri dibuat dari bahan ijuk atau daun rumbia meski pun kini penggunaan seng sebagai bahan atap lebih sering ditemukan.

Rumah Adat Tongkonan 8 04 2010 Tongkonan di Tanah Toraja mempunyai fungsi sosial budaya dan adat yang berbeda-beda. Di kehidupan masyarakat Toraja kerbau dijadikan simbol status sosial. Hampir sama dengan kebanyakan rumah adat lainnya dari Indonesia Sebagian bahan bangunan Rumah Tongkonan terbuat dari kayu.

Bahan Pembuatan Rumah Adat Tongkonan Tongkonan merupakan rumah adat yang di bangun dari batang kayu dan lembaran papan kayu uru yang banyak tumbuh di Sulawesi. Mulai dari barat hingga timur Indonesia mengenal rumah berbahan dasar kayu. Rumah adat Tana Toraja yang dikenal dengan nama Tongkonan apabila dilihat dari segi arsitekturnya teknologi pembuatan bahan yang digunakan pembagian ruangan ragam hias fungsi baik sebagai tempat tinggal tempat upacara fungsi sebagai gambaran status sosial pemiliknya berkaitan dengan makro dan mikro kosmos maka rumah adat tersebut tergolong dalam kategori objek yang.

Di tanah Toraja ukiran-ukirannya banyak kita jumpai pada bangunan-bangunan rumah adat dengan motif dari alam baik tumbuh-tumbuhan maupun binatang. Bahkan rumah-rumah yang disakralkan oleh suatu masyarakat dalam hal ini rumah adat pada umumnya terbuat dari kayu. Bahan utamanya terbuat dari lembaran papan dan batang kayu.

Fungsi lain adalah sebagai ventilasi karena pada Tongkonan tidak terdapat celah pada dindingnya. Sebagian besar rancangan motif berbentuk geometris serta mengandung makna yang tinggi filosofinya. Hal ini bukan dikarenakan bentuknya yang unik melainkan bukan sekedar tempat tinggal biasa.

Degradasi hutan mengakibatkan banyaknya penggunaan beton pada tiang dan penggunaan seng multi roof sebagai pengganti atap bambu akan berakibat pada kekuatan sistem struktur bangunan Tongkonan secara menyeluruh. Uniknya bentuk atapnya dibuat menyerupai perahu. Kayu mahal untuk membuat ukiran bagi kepentingan budaya dan kepercayaan tradisional yang disita itu berasal dari Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat.

Atap rumah yang terbuat dari bambu adalah bagian paling mencolok karena berbentuk menyerupai perahu. Proses pembuatan rumah adat ini merupakan pekerjaan yang tak mudah. Sedangkan untuk komponen Rumah Tongkonan terdiri dari atap Tongkonan yang terbuat dari bambu.

Pelestarian rumah tradisional Tongkonan dengan perbaikan komponen struktur dan bahan bangunan. Jenis kayu yang digunakan adalah kayu uru. Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau.

Jenis kayu yang digunakan adalah kayu uru yang dikenal kokoh. Selain itu untuk upacara pembuatan rumah ini juga sangat mahal.


Maket Rumah Bisnis Maket Rumah Maket Rumah Dari Stik Es Rumah Rumah Minimalis Modern


Miniatur Rumah Adat Jawa Dari Kardus Miniatur Rumah Adat Jawa Timur Dari Kardus Rumah Miniatur Rumah Rumah Kardus


Contoh Produk Miniatur Rumah Adat Hanoi Papua Kreasi Plakat Miniatur Rumah Miniatur Hanoi


Cara Membuat Rumah Adat Toraja Tongkonan Dari Kardus Bekas Miniatur Rumah Kardus Rumah Bermain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *