Bahan Atap Rumah Gadang Terbuat Dari

Secara keseluruhan rumah ini terbuat dari bahan kayu dan atap yang berbahan seng. Namun kemajuan teknologi membuat rumah Gadang ikut bersolek.


Rumah Gadang Rumah Adat Sumatera Barat Yang Berbentuk Tanduk Kerbau Kumparan Com

A Atap Gambar 1.

Bahan atap rumah gadang terbuat dari. Namun karena bentuk bangunan rumah gadang yang tinggi dan meruncing seringkali terkena sambaran petir dan bahan ijuk akan mudah sekali terbakar sehingga kini bahan ijuk sangat jarang digunakan. Sisinya terbalik melengkung ke dalam rendah di bagian tengah. Rumah gadang ini memiliki beberapa jendela di sisi depan rumah.

Tentu saja jenis kayu yang dipilih adalah jenis kayu yang tidak dimakan rayap. Bentuk badan Rumah Gadang yang segi empat membesar ke atas seperti trapesium. Dari segi keindahan merupakan komposisi yang dinamis.

Dapur terletak di belakang rumah berdempet pada dinding. Papan dinding dipasang vertikal semua papan menjadi dinding sekaligus menjadi bingkai yang diberi ukiran sehingga seluruh dinding penuh ukiran. Atap runcing tanduk kerbau ini bahkan dibuat lebih dari satu.

Rumah ini memiliki bentuk atap yang begitu khas sehingga orang mudah untuk mengenalinya. Pada bagian depan dinding rumah Gadang dibuat dari bahan papan sedangkan bagian belakang dari bahan bambu. Jika dahulu atap meruncingnya ini masih terbuat dari ijuk maka seiring dengan perkembangan zaman kini telah marak atap Rumah Gadang yang dibuat dengan menggunakan seng.

Penempatan motif ukiran tergantung pada susunan dan letak papan pada dinding rumah. Dinding Rumah Gadang terbuat dari bahan papan sedangkan bagian belakang terbuat dari bambu. Tampak depan rumah gadang PDIKM Rosalinda2017 Pada awalnya rumah gadang terbuat dari material ijuk.

Bentuknya melengkung ke atas seperti tanduk kerbau dan bertumpuk. Bentuk atap dari rumah gadang ini memang unik dan menjadi ciri khas sendiri. Atap rumah adat Gadang yang berbentuk gonjong dan runcing tersebut memiliki nilai filosofi yakni harapan untuk mencapai Tuhan dan juga dindiang yang secara tradisional terbuat dari potongan anyaman bambu sebagai lambang sebuah kekuatan dan utilitas yang dimiliki oleh masyarakat Minangkabau.

Atap bernama gonjong ini sering dikaitkan dengan bentuk kapal. Dahulu kala atap Rumah Gadang ini terbuat dari ijuk selayaknya rumah tradisional lainnya. Bahan atap rumah gadang ini terbuat dari ijuk yang sama dengan rumah adat di Papua.

Rumah Gadang Gajah Maharam memiliki gonjong sebanyak lima buah empat buah di bagian atap dan sebuah di bagian depan sebagai pelindung tangga masuk rumah. Bentuk Atap Rumah Gadang Seperti Kapal. Bambu dibuat untuk bagian tertentu saja tapi untuk bagian lain dibuat dari kayu.

Sedangkan dapurnya terpisah dari bangunan utama. Sekarang kita bisa menjumpai rumah Gadang dengan atap dari seng. Selain itu ada juga sebagian besar masyarakat yang menganggap bahwa atap rumah Gadang tersebut yang berbentuk gonjong tersebut merupakan simbol dari.

Dibuat dari bahan daun ijuk model atapnya cukup simpel dibandingkan material lain. Rumah gadang ini mempunyai bentuk yang membesar ke atas. Papan dinding dipasang vertikal dan semua papan yang menjadi dinding atau menjadi bingkai diberi ukiran sehingga seluruh dinding menjadi penuh ukiran.

Terdapat tangga di bagian depan rumah dengan atap gonjang kecil di atasnya. Secara umum rumah gadang dibangun dengan bentuk persegi empat. Oleh karena itu tidak jarang banyak orang yang menyebut rumah ini adalah rumah bagonjong.

Rumah adat Gadang merupakan salah satu hunian yang berasal dari wilayah Sumatera Barat khususnya Suku Minangkabau. Atap Rumah Gadang pada dasarnya terbuat dari bahan yang sangat sederhana yakni ijuk. Berbeda dengan rumah adat yang lain ternyata rumah Gadang memiliki konstruksi dinding yang terbuat dari bambu.

Ukiran Rumah Gadang. Rumah gadang di atas dibuat dari material daun ijuk kering berwarna abu-abu tua. Adapun bentuk rumah Rumah adat Gadang yang menjadi ciri tersendiri dibandingkan dengan rumah rumah adat di Indonesia lainnya.

Rumah Gadang juga telah menjadi identitas atau ciri khas tersendiri bagi orang Minang ketika merantau. Jika dilihat dari salah satu sisi Rumah Gadang maka segi empat yang membesar ke atas ditutup oleh bentuk. Untuk sebuah Rumah Gadang saja jumlah atap meruncing ini bisa lebih dari 4 buah.

Bahan atap rumah gadang ini terbuat dari ijuk yang sama dengan rumah adat di Papua. Rumah gadang juga dilengkapi satu tangga kayu di bagian depan sebagain jalan masuk. Atap bernama gonjong ini sering dikaitkan dengan bentuk kapal.

Bentuk atap yang melengkung dan meruncing keatas pada Rumah Gadang disebut dengan Gonjong. Arah hadap bangunan adalah arah utara. Bagian atapnya terbuat dari ijuk namun kini sudah banyak diganti dengan atap seng.


Atap Rumah Gadang Terbuat Dari Apa Cek Bahan Bangunan


55 Gambar Rumah Adat Gadang Dari Stik Es Krim Gratis Terbaru Miniatur Rumah Rumah Bambu


Atap Rumah Gadang Terbuat Dari Cek Bahan Bangunan


Tujuan Bentuk Atap Rumah Gadang Cek Bahan Bangunan


Rumah Gadang Rumah Tradisional Minangkabau Arsitag


21 Gambar Rumah Adat Jambi Rumah Desain Arsitektur Desain Rumah Minimalis


Rumah Gadang Rumah Tradisional Minangkabau Arsitag


Rumah Gadang Rumah Adat Sumatera Barat Yang Berbentuk Tanduk Kerbau Kumparan Com


Rumah Gadang Asal Usul Sejarah Rumah Adat Minangkabau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *